TRANSLATOR BAHASA

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

POSTING TERPOPULER

Wednesday, December 22, 2010

SEMAKIN DILEMAHKAN SEMAKIN TAMPAK KEBENARAN ISLAM (BAG-1/MAKNA IDUL ADHA)


Sore langit Gelap ketika aku baru saja selesai membagikan daging Qurban terakhir, aku bergegas memacu sepeda motorku, namun Allah berkehendak lain Hujanpun Turun dengan derasnya. dan akupun bersegera mencari tempat berteduh, dengan ijin Allah pula.. tanpa aku menyadari aku berteduh di halaman sebuah sekolah yang konon salah satu sekolah TEOLOGI terbesar di kotaku, dari sekolah ini pula lah lahir manusia-manusia yang mencintai ajarannya secara membabi buta dan membenci ajaran lain dengan cara membabi buta pula. dari sekolah ini lah muncul individu dan kelompok kelompok  dan Misionaris Anti Islam Indonesia. yang bertebaran mengajarkan ajarannya, memurtadkan Umat Islam yang lemah dengan cara MENEBARKAN KEBOHONGAN, TIPU DAYA, FITNAH dan IMING-IMING KENIKMATAN SESA'AT.

MEREKA : Berbohong, mengarang, memenggal Ayat-ayat Allah, Menebar Hadist-Hadist PALSU, Membuat Ceritra seperti mereka membuat KITAB AGAMANYA (Menutup kebenaran dan menebar Fitnah/kebohongan), mengingkari kebenaran dan menguatkan kebhatilan, bahkan menghina Allah swt, Nabi Muhammad dan Al-Quran.

Dari Sekolah ini pula orang-orang yang menyebar kebencian dan Hinaan terhadap Islam di Facebook, twitter, Blogger dll.

Hmm IDUL ADHA, **Narik nafas dalam-dalam**
Alhamdulillah Ya Allah.. Tahun ini ibuku kembali mampu melaksanakan Ibadah Qurban.
  
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yg banyak. Maka dirikanlah salat krn Tuhanmu dan sembelihlah hewan . Sesungguhnya orang-orang yg membenci kamu dialah yg terputus?

IDHUL ADHA ADALAH UJIAN KE IKHLASAN, KESABARAN DAN KEIMANAN.
"Jangan Engakau mengira akan masuk surga-KU padahal kamu belum di Uji"

Maka salah satu bukti lagi bahwa seseorang lulus dari cobaan harta adl ia dgn ikhlas mau mengunakannya untuk ber-udhiyah baik itu berupa sapi kerbau maupun kambing. Ini tergantung pada kemampuan masing-masing. Seekor kambing boleh digunakan utk satu orang beserta keluarga seisi rumahnya. Sedang sapi / kerbau boleh utk tujuh orang beserta keluarga seisi rumah mereka masing-masing. Daging sembelihan ini termasuk syiar agama yakni utk dimakan menjamu tamu diberikan kepada yg meminta atau yg tidak meminta {orang mampu}. Daging ini juga boleh disimpan utk dimakan hingga hari tasyrik .
Allah berfirman : "Makanlah sebagiannya dan utk memberi makan orang yg tidak meminta dan orang yg meminta" {QS. Al-Hajj 36}.

KAPAN KAH AKU BISA MELAKSANAKAN IBADAH HAJI?
Salah satu bukti bahwa seorang mukmin telah lulus cobaan dalam ni’mat harta kekayaan adl ia dgn ikhlas mengunakannya utk ibadah haji. Sehingga bagi orang demikian akan memperoleh haji yg mabrur. Sedang haji mabrur pahalanya hanyalah surga sebagaimana sabda Nabi SAW :"Orang yg dapat mencapai haji yg mabrur tiada pahala yg pantas baginya selain surga."

Betapa gembira dan bahagianya orang kaya yg dapat mencapai haji mabrur demikian. Belum lagi jika ia sempat salat berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi maka tiada terkira lagi pahalanya. Namun ini konteksnya adl orang yang kaya. Sedang orang yg tidak mampu / miskin tidak perlu berkecil hati. Bagi kita yg tidak mampu maka konteksnya terkandung dalam hadis Nabi SAW berikut “Hajinya orang yg tidak mampu adalah berpuasa pada hari Arafah"

Dalam Rukun Haji kita kembali dibawa Nostalgia Napak tilas perjalanan Nabi Ibrahim dan keluarganya, dan kembali pula kita dibawa untuk BERSABAR dan IKHLAS juga menguatkan IMAN kita.
  
MAKNA IDUL ADHA :
  • Menyadari kembali bahwa makhluk yg namanya manusia ini adl kecil belaka betapapun berbagai kebesaran disandangnya. Inilah makna kita mengumandangkan takbir Allahu akbar !
  • Menyadari kembali bahwa tiada yg boleh di-Tuhankan selain Allah. Menuhankan selain Allah bukanlah semata-mata menyembah berhala seperti di zaman jahiliah. Di zaman globalisasi ini orang dapat menuhankan tokoh lebih-lebih lagi si Tokoh itu sempat menjadi pucuk pimpinan partainya menjadi presiden/wakil presiden atau ketua lembaga perwakilan rakyat. Orang sekarang juga cenderung menuhankan politik dan ekonomi. Politik adalah segala-galanya dan ekonomi adl tujuan hidupnya yg sejati. Bahkan HAM menjadi acuan utama segala gerak kehidupan sementara HAT diabaikan. Inilah makna kita kumandangkan kalimah tauhid La ilaha illallah !
  • Menyadari kembali bahwa pada hakikatnya yg memiliki puja dan puji itu hanyalah Allah. Maka alangkah celakanya orang yg gila puja dan puji sehingga kepalanya cepat membesar dadanya melebar dan hidungnya bengah bila dipuji orang lain. Namun segera naik pitam wajah merah dan jantung berdetak melambung bila ada orang yang mencela mengkritik dan mengoreksinya. Inilah makna kita kumandangkan tahmid Wa lillahil-hamd !
  • Menyadari kembali bahwa manusia ini ibarat sedang melancong atau bepergian yg suatu saat rindu utk pulang ke tempat tinggal asal yakni tempat yg mula-mula dibangun rumah ibadah bagi manusia Ka?bah Baitullah. Inilah salah satu makna bagi yg istita?ah tidak menunda-nunda lagi berhaji ke Baitullah. Di sini pula manusia disadarkan kembali bahwa pada hakikatnya manusia itu satu keluarga dalam ikatan satu keimanan. Siaopa pun dia dari bangsa apapun adl saudara bila ia mukmin atau muslim. Tetapi bila seseorang itu kafir adl bukan saudara kita meskipun dia lahir dari rahim ibu yg sama. Maka orang yg pulang dari haji hendaknya menjadi uswah hasanah bagi warga sekitarnya tidak membesar-besarkan perbedaan yg dimiliki sesama muslim terutama dalam hal yg disebut furu?iyah.
  • Menyadari kembali bahwa segala ni’mat yg diberikan Allah pada hakikatnaya adl sebagai cobaan atau ujian. Apabila ni’mat itu diminta kembali oleh yg memberi maka manusia tidak dapat berbuat apa-apa. Hari ini jadi konglomerat esok bisa jadi melarat dgn hutang bertumpuk jadi karat. Sekarang berkuasa lusa bisa jadi hina tersia-sia oleh massa. Kemaren jadi kepala kantor dgn mobil Timor entah kapan mungkin bisa jadi bahan humor krn naik sepeda bocor. Sedang ni’mat yg berupa harta hendaknya kita ikhlas utk berinfaq di jalan Allah seperti utk ber-udhiyah .
  • Percayalah dalam hal harta apabila kita ikhlas di jalan Allah niscaya Allah akan membalasnya dgn berlipat ganda. Tetapi jika kita justru kikir pelit tamak bahkan rakus tunggulah kekurangan kemiskinan dan kegelisahan hati selalu menghimpitnya.
  • Akhirnya semoga : Idul Adha dgn berbagai ibadah yg kita laksanakan sekarang ini dapat membangunkan kembali tidur kita . Kemudian kita berihtiar lagi sekuat tenaga utk memperbanyak amal saleh sebagai pelebur amal-amal buruk selama ini. Amin !

No comments:

Post a Comment

KOMENTAR ANDA SANGAT BERGUNA BAGI PENGEMBANGAN BLOG KAMI
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda disini,
Dengan cara :
1. Ketik Komentar anda pada kotak komentar
2. Klik Postkan Komentar,
3. Klik logo google akun/mendaftar google akun bagi yang belum memiliki google akun,
Apabila komentar dianggap menghina suku/ras/golongan atau bersipat Melecehkan.. maka kami dengan terpaksa akan menghapusnya/tdk menayangkannya.
Terimakasih atas kunjungannya